Renungan Akhir Tahun

Renungan Akhir Tahun

oleh: Adit*

Kita sudah memasuki pada bulan yang terakhir dalam tahun 2023 ini, itu artinya ada 11 bulan yang telah kita lalui. Bagaimana kita mengupayakan untuk menyongsong tahun baru 2024 nanti. Kita semua harus berani dan memulai muhasabah diri dan melihat perjalanan kita dalam setahun ini. Apa aja yang telah kita kerjakan selama ini?

وَهُوَ ٱلَّذِى جَعَلَ ٱلَّيْلَ وَٱلنَّهَارَ خِلْفَةً لِّمَنْ أَرَادَ أَن يَذَّكَّرَ أَوْ أَرَادَ شُكُورًا

Artinya: Dan Dia (pula) yang menjadikan malam dan siang silih berganti bagi orang yang ingin mengambil pelajaran atau orang yang ingin bersyukur. (Q.S. Al Furqan: 62)

Demikian pentingnya waktu, sehingga aturan-aturan ibadah itu lengkap dan tertata. Sholat 5 waktu pun diatur waktunya. Subuh ada waktunya sendiri, dhuhur ada waktunya sendiri, begitupun samoai isya'. Ada istilah yang menyebutkan, waktu adalah pedang. Maka, bagaimana cara kita menggunakan pedang itu agar bisa betul-betul bermanfaat. Demikian juga waktu, jika waktu kita gunakan semaksimal mungkin, maka waktu bisa betul-betul berharga. Nabi Muhammad SAW. memberikan gambaran bagaimana pentingnya menggunakan waktu. Dalam hadistnya:

اِغْتَنِمْ خَمْسًا قَبْلَ خَمْسٍ : شَبَابَكَ قَبْلَ هَرَمِكَ وَ صِحَّتَكَ قَبْلَ سَقَمِكَ وَ غِنَاكَ قَبْلَ فَقْرِكَ وَ فَرَاغَكَ قَبْلَ شُغْلِكَ وَ حَيَاتَكَ قَبْلَ مَوْتِكَ

Artinya adalah sebagai berikut:

Manfaatkanlah lima perkara sebelum kamu kedatangan lima perkara. Yakni Masa mudamu sebelum datang masa tuamu. Sehatmu sebelum datang sakitmu. Masa kayamu sebelum datang faqirmu. Waktu luangmu sebelum waktu sibukmu. Masa hidupmu sebelum datang kematianmu.

Apa saja kelima tersebut:

شَبَابَكَ قَبْلَ هَرَمِكَ

Yaitu pada waktu muda kamu sebelum masa tuamu, yaitu masa muda sebelum tua. Untuk menggunakan waktu semampunya dalam rangka taat kepada Allah sebelum datang lemah fisik saat masa tua datang sehingga menyesal karena lalai dengan perintah Allah.

صِحَّتَكَ قَبْلَ سَقَمِكَ

Masa sehatmu sebelum kondisi sakit, yaitu masa sehat sebelum sakit.  Untuk menggunakan waktu dikala sehat untuk berbuat amal kebajikan karena adakalanya datang hal yang menghalangi semisal sakit sehingga kamu menuju alam keabadian tanpa membawa bekal amal.

غِنَاكَ قَبْلَ فَقْرِكَ

Artinya masa kayamu sebelum kamu miskin, yaitu masa saat berharta sebelum datang kemiskinan. Untuk menggunakan kelebihan harta guna bersedekah sebelum kedatangan susahnya kefakiranmu, sehingga kamu menjadi orang yang fakir di dunia maupun pada saat di akhirat.

فَرَاغَكَ قَبْلَ شُغْلِكَ

Waktu luangmu sebelum waktu sibukmu artinya disaat longgar sebelum sibuk. Untuk mempergunakan saat waktu luang di kehidupan dunia sebelum masa sibuk dengan keadaan genting pada waktu kiamat yang permulaannya yaitu alam kubur.

حَيَاتَكَ قَبْلَ مَوْتِكَ

Masa hidupmu sebelum kematianmu yaitu dikala hidup sebelum mati atau ajal menjemput. Untuk mempergunakan sesuatu yang dapat anda temukan manfaatnya setelah datang kematian. Karena seorang yang telah mati maka terputus amalnya dan hilang angan serta nyata penyesalannya.

Waktu adalah aset berharga yang tak ternilai. Pentingnya waktu tergambar dalam kesempatan yang terbatas untuk melakukan segala hal yang ingin kita capai. Pengelolaan waktu yang baik memungkinkan kita untuk mencapai tujuan, menghindari penundaan, dan memberikan kesempatan untuk menjalani hidup dengan lebih produktif dan berarti.

Adit, 07, Desember, 2023